Alat-Alat Kendo

Perlengkapan kendo terdiri dari baju pelindung, baju latihan, dan pedang.


Baju pelindung

Baju pelindung kendo disebut BOGU yang terdiri dari MEN, KOTE, DO, dan TARE.



Men (pelindung kepala/helm) tersusun dari mengane (bagian pelindung berbentuk kisi-kisi terbuat logam campuran duraluminum atau titanium), menfuton (bagian memanjang yang melingkari sisi kanan dan kiri dari mengane), dan tsuki (bagian pelindung daerah tenggorokan). Men dibuat sedemikian rupa untuk melindungi bagian kepala dengan mengurangi tekanan pukulan yang dirasakan pada saat menerima serangan. Namun demikian, penggunaan men haruslah diperhatikan dan pas untuk dapat berfungsi dengan baik, oleh karena itu cara-cara memakainya pun harus dipelajari dengan benar.





Do (pelindung bagian dada) tersusun dari bagian serat plastic atau bamboo dan kulit mune (pada bagian atas do). Secara teknis, do itu sendiri hanyalah bagian keras yang berada disisi bawah dari keseluruhan bagian pelindung ini, yang kemudian ditutupi dengan jahitan kulit dibagian pinggirnya serta diciptakan untuk melindungi bagian perut; sedangkan bagian mune adalah yang diciptakan untuk melindungi bagian dada. Seperti juga Men, do digunakan dengan cara mengikatkan himo (tali/pengait) untuk dapat dipasangkan pada pemakai.







Kote (pelindung tangan) dibuat dengan menggunakan bahan kain, kulit sapi, atau kulit luar rusa untuk fleksibilitas yang lebih baik. Bagian telapak tangan dari kote dapat terbuat baik dari kulit sintesis (lebih tahan lama), kulit sapi, atau kulit rusa. Kote harus dibuat sedemikian rupa agar mengepas dengan baik. Pada saat memakai atau melepas Kote, pemakai harus selalu mengingat agar tidak menarik bagian kepalan (kashiri), melainkan menariknya dari bagian lengan (kote-bu/hiji) ini untuk memastikan bahwa jahitan penghubung dari kedua bagian tidak mudah rusak dan lepas. Tali (himo) pada kote dapat disesuaikan ikatannya untuk kenyamanan pemakaian yang lebih baik.


 
 

 
Tare (pelindung pinggang/perut) terdiri dari wakihimo (ikat pinggang), haraobi (pelindung pinggang), dan oodare/kodare (penutup berbentuk besar dan kecil untuk melindungi daerah paha). Sebagai tambahan para kendoka juga memasangkan namanya pada oodare yang terletak ditengah-tengah. Kantong nama ini kadang disebut juga nafuda atau zekken (tidak untuk dipergunakan sebagai kantong). Pada nafuda ini akan terlihat nama klub/nama negara (nama negara digunakan pada turnamen-turnamen internasional) dan juga ditambahkan nama dari kendoka itu sendiri baik dalam bahasa Inggris, Jepang atau China. Selain itu yang hanya dapat ditambahkan pada nafuda hanyalah lambang klub atau bendera negara.