Indonesia Kendo Association to World Kendo Championship 2015

posted Feb 5, 2015, 7:24 PM by Fifi Afifa A

(Terjemahan oleh Jessica Laura Djaja)



Jakarta Shimbun - 6/1/2015 : IKA to WKC 

http://www.jakartashimbun.com/free/detail/22379.html

Prestasi Gemilang Keikut-sertaan di Kejuaraan Dunia

 

 

Asosiasi Kendō Indonesia dan Jakarta Ken’yūkai

 

Bulan Mei tahun ini, Indonesia (diketuai oleh Bapak Marcel Oesman) akan ikut serta untuk pertama kalinya dalam Pertandingan Kejuaraan Kendō Sedunia ke-16, yang akan diselenggarakan di Nippon Budōkan di distrik Chiyoda di Tōkyō. Ini adalah hasil dari Jakarta Ken’yūkai (Diketuai oleh Bapak Masaru KASAI) dari Jakarta Japan Club (JJC) yang telah terus-menerus membimbing kenshi Indonesia, dan bagi Ken’yūkai keikutsertaan ini juga yang sangat diharapkan di tahun 2015 ini.

(Ken’ichi USUI, berikut foto)

 

Bulan Mei, Nippon Budōkan

 

Organisasi Asosiasi Kendō Indonesia dibentuk oleh kenshi-kenshi Indonesia dan memiliki 6 cabang di Jakarta, Bandung, Surabaya, dll. se-Indonesia. Seluruh anggotanya berjumlah sekitar 300 orang. Asosiasi Kendō tersebut mula-mula, untuk menjadi anggota Federasi Kendō Internasional (Pusat : Tōkyō), telah berusaha menata organisasinya. Adalah keadaan sesungguhnya bahwa organisasi ini pada prakteknya diurus oleh orang Indonesia, ada masalah keuangan yang harus diselesaikan juga, tetapi setelah semuanya dibereskan organisasi ini akan menjadi anggota Federasi Kendō Internasional secara resmi bulan Mei nanti.

 

Latihan di Jakarta diadakan setiap minggu di Fitness Room di Hotel Sari Pan Pacific di Jakarta Pusat pada hari Rabu dan Sabtu, dan di Gedung Olahraga SMP Jakarta Japanese School hari Minggu. Pelatih yang orang Jepang dari Ken’yūkai menjadi teman latihan dan membimbing di setiap latihan.

 

Para pelatih terdiri dari 3 orang, yaitu Bapak Ketua Kasai sebagai Head Coach (Renshi 7-Dan), Bapak Masao MEGURO (Kyōshi 7-Dan), dan Bapak Masayasu BAN (7-Dan).  Bapak Kōichirō MINAMI (7-Dan) sebagai Manager juga merangkap peran pelatih.

 

Di Fitness Room Hotel Sari Pan Pacific, suara-suara yang penuh semangat bergema, menghadapi pelatih yang orang Jepang, kenshi Indonesia menyerang dengan agresif. Bapak Kasai membimbing dengan bahasa Indonesia. Kata-kata seperti “Kiri, kiri, atas!” dikeluarkan dengan suara yang nyaring.

 

Pusat kenshi Indonesia, Bapak Ketua Marcel (4-Dan), berusia 38 tahun. Ia berkenalan dengan Kendō pada saat berkuliah di Universitas Wisconsin di Amerika. Sekarang ia adalah seorang Manager di perusahaan perkebunan di Sumatra, ia pulang ke Jakarta pada akhir minggu dan mengikuti latihan. “Tinggal 4 bulan lagi, kami akan latihan dengan penuh semangat dan berusaha sekuat tenaga.” katanya menceritakan tekadnya.

 

Di pertandingan nanti, kalau menang pada pertandingan liga dengan 1 grup berisi 3 tim di liga ke-1, Indonesia akan maju ke turnamen. “Pertama-tama target kita adalah menerobos liga pertama.” adalah strategi pelatih.

 

Asosiasi Kendō Indonesia dan Ken’yūkai akan menggelar seleksi terakhir di Surabaya pada tanggal 17 dan 18 bulan ini, dan menentukan peserta yang akan ikut 7 orang laki-laki dan 7 orang perempuan.

 

  • 3 Tahun Sekali, Pertandingan Individual dan Tim Laki-Laki dan Perempuan

 

Kejuaraan Kendō Sedunia diselenggarakan oleh Federasi Kendō Internasional (Didirikan tahun 1970, berpusat di Tōkyō) setiap 3 tahun sekali, dan diselenggarakan secara bergilir di berbagai negara. Penyelenggaraan di Jepang adalah yang keempat kalinya, semenjak terakhir kali 18 tahun yang lalu diselenggarakan di Kyōto pada tahun 1997. Penyelenggaraan di Nippon Budōkan, yang boleh disebut tanah suci Kendō Internasional, sudah 45 tahun sejak Kejuaraan Kendō Sedunia ke-1, dan tahun ini, dengan jumlah peserta terbesar jika dibandingkan dengan sebelumnya, akan diikuti 57 negara dan daerah. Total terdapat 4 divisi, yaitu Pertandingan Tim dan Pertandingan Individual masing-masing untuk divisi laki-laki dan perempuan.

 

Di Asia Tenggara, Thailand, Malaysia, Singapore, dll. sudah menjadi anggota Federasi Kendō Internasional, dan mengikuti pertandingan Kejuaraan Kendō Sedunia.

 

 

Foto :

Kiri : Head Coach, Ketua Ken’yūkai Bapak Kasai

Kanan : Bapak Ketua Marcel yang bercerita “akan berusaha sekuat tenaga”

Comments