14 Orang Peserta yang Mewakili Ditentukan Turnamen Kejuaraan Kendō Sedunia

posted Feb 5, 2015, 7:27 PM by Fifi Afifa A   [ updated Feb 5, 2015, 7:28 PM ]

(Terjemahan oleh Jessica Laura Djaja)


Jakarta Shimbun - 29/1/2015 : 14 Orang Peserta yang Mewakili Ditentukan

http://www.jakartashimbun.com/free/detail/22852.html

14 Orang Peserta yang Mewakili Ditentukan

Turnamen Kejuaraan Kendō Sedunia

 

Baru-baru ini, telah ditentukan tim perwakilan Indonesia (laki-laki dan perempuan masing-masing 7 orang) yang akan bertanding untuk pertama kalinya di Kejuaraan Kendō Sedunia ke-16, yang akan diselenggarakan di Nippon Budōkan, Tōkyō, pada Mei ini. Tim pelatih (coach) yang akan menyertai juga sudah ditentukan, masih ada 4 bulan sampai kejuaraan, dan semua akan berusaha keras dalam latihan.

(Ken’ichi USUI, berikut foto)

 

Kejuaraan Kendō Sedunia diselenggarakan oleh Federasi Kendō Internasional (FIK), untuk tahun ini akan diadakan dari 29 Mei sampai dengan 31 Mei. Setiap 3 tahun sekali, kejuaraan ini diselenggarakan dengan bergantian di negara-negara anggotanya. Terakhir kalinya Nippon Budōkan menjadi tempat diselenggarakannya kejuaraan ini adalah saat kejuaraan ke-1, sedangkan penyelenggaraan di Jepang sebelumnya adalah 18 tahun yang lalu, dan kali ini adalah ke-4 kalinya diselenggarakan di Jepang.

 

Di Indonesia, Jakarta Ken’yūkai (Bapak Ketua Masaru KASAI) sudah bertahun-tahun lamanya membimbing Indonesia Kendō Association (Bapak Ketua Marcel Oesman) yang dibentuk oleh orang Indonesia. Partisipasi dalam Kejuaraan Kendō Sedunia sangat diharapkan oleh kedua organisasi tersebut. Pada musim panas tahun lalu, diumumkan bahwa Indonesia akan berpartisipasi. Setelah itu, setelah melalui 2 kali gasshuku (training camp) yang juga diadakan untuk memilih peserta perwakilan, mereka menentukan anggota tim perwakilan  dengan berunding.

 

Bapak Ketua Kasai menceritakan, “Partisipasi dalam Kejuaraan Kendō Sedunia untuk pertama kalinya di Nippon Budōkan, tanah suci Kendō, adalah saat-saat yang bersejarah. Kami juga ingin mendukung dengan sekuat tenaga.”

 

Pertandingan diadakan dengan 4 kategori, yaitu divisi tim laki-laki, divisi individual laki-laki, divisi tim perempuan, dan divisi individual perempuan. Peserta perwakilan dan coach adalah seperti berikut ini (ditulis tanpa gelar).

 

Laki-Laki

Marcel Oesman (Jakarta),

Tony Rusman (sda.),

Alwin Widjaja (sda.),

Pandu Tresnalaga (sda.),

Erman Ardie (Malang),

Sunaryo (sda.),

Teguh Rianto (Bandung)

 

Perempuan

Neglasari Martini (Jakarta),

Fifi Afifa Andy (sda.),

Fiddina Mediola (Yogyakarta),

Neni Arini (Jakarta),

Elisa M. Hartono (sda.),

Rininta (sda.),

Jessica Laura Djaja (sda.)

 

Coach

Masaru KASAI

Masao MEGURO

Masayasu BAN

 

Manager

Kōichirō MINAMI

 

Foto : Anggota perwakilan yang berlatih dengan lawan tim pelatih

 

 

Mencari Donasi Untuk Biaya Perjalanan

 

Untuk pertama kalinya Indonesia Kendō Association akan mengikuti Kejuaraan Kendō Sedunia di Nippon Budōkan, Tōkyō, tetapi bagi asosiasi yang sejak awal sumber pemasukannya sangat terbatas, tidak ada persiapan untuk biaya pengutusan tim, keadaan saat ini, biaya akan menjadi tanggungan pribadi masing-masing orang. Bagi kenshi-kenshiyang masih muda, biaya tiket pesawat dan penginapan di Tōkyō merupakan beban yang cukup berat.

 

Di sinilah Ken’yūkai, untuk mendukung Tim Indonesia, selain tentu saja mencari donasi dari dalam perkumpulan sendiri, juga memohon bantuan biaya pengutusan kepada sesama masyarakat Jepang, baik pribadi maupun organisasi.

 

Bila ada pertanyaan, dapat menghubungi Sekretaris Jenderal Ken’yūkai, Bapak Kōji KUROKI (HP : 0811-155-5587, e-mail : koji.kuroki@wmi-indonesia.com).

Comments