Sejarah JKA

Jakarta Kendo Association (JKA) adalah bagian dari Indonesia Kendo Association (IKA) yang adalah anggota dari Federasi Kendo Internasional (FIK) sejak 2014. Dengan diterimanya IKA sebagai anggota FIK, maka para kendoka Indonesia dapat mengikuti kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia yang diselenggarakan oleh FIK, salah satunya adalah World Kendo Championships. 

Sejarah mengenai organisasi JKA bisa dikatakan cukup singkat. Kendo masuk ke Indonesia sudah bertahun-tahun dan telah mengalami berbagai macam perubahan, perubahan ini hingga pada beberapa periode waktu membawa kendo di Jakarta berada di bawah kepengurusan Jakarta Kenyukai, yaitu sebuah klub kendo lokal berisikan hampir sebagian besar orang-orang Jepang yang berada di Jakarta dan sekitarnya.    

Dengan harapan ingin mandiri dan dengan dorongan semangat dari para Japanese Sensei kami, maka terbentuklah organisasi Jakarta Kendo Association di tahun 2007 dan mulai bergerak sebagai sebuah klub yang aktif di tahun 2008.

Walaupun sejarah yang singkat, dedikasi kami telah berlangsung lebih lama. Para angggota JKA adalah orang-orang yang terdiri dari berbagai latar belakang yang saling bertemu untuk 1 alasan, yaitu mencurahkan perhatian dan ketekunannya untuk berlatih ilmu beladiri Kendo. Adalah Meguro-sensei (7-dan) yang telah menjadi panutan kami dalam Kendo selama bertahun-tahun, kami juga beruntung dengan ditambah kedatangan 3 orang sensei Dan-7 lainnya yang kemudian melatih kami; Hamada-sensei, Kishikawa-sensei, Shimomura-sensei (berdasarkan urutan bergabung). Namun, tanpa melupakan sumbangan saran waktu bantuan dan lainnya dari seluruh sensei kami –masa lalu dan sekarang- JKA tidak dapat menjadi sebuah klub seperti sekarang.

Seperti juga semua klub Kendo di Indonesia (resmi atau tidak), JKA belum teraffiliasi dengan AJKF/FIK (Organisasi Kendo Seluruh Japan/Organisasi Kendo Internasional). Tanpa panduan dan bantuan dari para sensei, kerjasama dari klub-klub anggota regional resmi AJKF seperti Singapore, Malaysia, dan Thailand maka akan banyak dari anggota kami yang mungkin tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk menambah pengalaman berlatih Kendo diluar dojo atau bahkan untuk mengikuti ujian resmi oleh AJKF. Kami mendapatkan banyak kesempatan bagus melalui organisasi para sensei kami, untuk berlatih dengan banyak sekali Japanese-sensei yang berkunjung, juga dengan dengan adanya kerjasama dari klub-klub Kendo kawasan regional, kami dapat turut berpartisipasi dalam 2 (dua) event Asean Kendo Tournament terakhir yang masing-masing berhasil membawa pulang medali perak untuk Indonesia dalam kategori Men’s Team.

Tahun 2008 adalah penyelenggaraan Japan-Indonesia Golden Year Kendo Champhionship dalam rangka perayaan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang Indonesia. Turnamen ini adalah resmi diselenggarakan oleh penyelenggara event dan Kedutaan Besar Jepang, acara ini memberikan kami kesempatan untuk bertemu, berlatih dan berkompetisi dengan beberapa team yang juga turut berpartisipasi yaitu Jepang, Hong Kong, Beijing, dan Brunei. Yang terpenting adalah event ini memberikan kesempatan para anggota kami untuk berlatih dengan beberapa sensei 8-Dan yang terhormat (Iwai, Sumi, Yamahata, dan Irie sensei) dan juga Ketua AJKF Takeyasu-sensei.

JKA juga berasosiasi dengan Bandung Kendo Federatiaon, Surabaya & Malang Kendo, Yogyakarta Kendo dan Medan Kendo.

Sensei JKA (per Juni 2016):
Meguro-sensei (7-dan)          
  Minami-sensei (7-dan)
Ban-sensei (7-dan)                  Honda-sensei (6-dan)

English | Bahasa Indonesia